Pertemuan 7 PTI ( Pengantar Teknologi Dan Informasi )

 

MATERI 1

INDONESIA CLOUD

A.    Sejarah Singkat Indonesia Cloud

Perusahaan IT Solution merupakan perusahaan yang menyediakan jasa dalam pengembangan teknologi IT untuk membantu sebuah bisnis mencapai tujuannya dan membantu manusia dalam menyelesaikan segala permasalahannya, baik dalam mengolah data, menyebarkan info, berkomunikasi, dan masih banyak lagi yang lainnya dan tentunya dengan cara cepat dan akurat. Beberapa dekade terakhir maraknya perusahaan yang bergerak di bisnis IT Solution sudah menjadi banyak di Indonesia. Perusahaan IT Solution ini juga dipandang memiliki masa depan yang cerah karena kedepannya manusia akan sangat tergantung pada dunia digital. Bahkan, saat ini pun Era Digital sudah dimulai.

Sederhanya, Indonesian Cloud adalah penyedia layanan cloud local di Indonesia yang berdiri pada tahun 2011. Indonesian Cloud merupakan salah satu anak perusahaan dari TRG Investama. Unit bisnis Indonesian Cloud terdiri dari Cloud Infrastrucuture dan solusi bisnis baik yang terpasang di Public Cloud maupun Private (On Premise).

B. Visi & Misi Indonesian Cloud

1. Menjadi Layanan Cloud Terkemuka dan Solusi Bisnis Inovatif di Indonesia.                                         2. Menciptakan Nilai Tambah Bagi Semua Pemangku Kepentingan dengan  
3. Menyediakan Solusi Bisnis Fleksibel dengan Orang-Orang Terbaik dan Pro

C. Hasil Produksi Perusahaan

Indonesian Cloud adalah penyedia layanan komputasi awan lokal yang menyediakan layanan platform cloud dan keamanan cloud di berbagai bidang. Indonesian Cloud sendiri merupakan provider yang telah bersertifikat ISO 9001 dan 27001, serta memiliki sertifikasi pula pada Payment Card Industry Data Security Standard (PCI DSS) yang mendukung sector keuangan dan perbankan. Indonesian Cloud menyediakan berbagai layanan, mulai dari teknologi dan infrastruktur cloud, layanan konsultasi tentang teknologi informasi, pemulihan bencana, keamanan siber dan masih banyak lagi. Adapun hasil layanan yang diperoleh antaranya:

         1. Solusi Bisnis

a. Document Management System

Document Management System adalah sistem repository dan manajemen dokumen (capturing, indexing, versioning, searching) pada perusahaan dengan kemampuan manajemen untuk semua jenis dokumen termasuk dokumen bisnis, foto, video, gambar medis, e-mail, laporan, dll. Fungsi Document Management System adalah efisiensi biaya yg berkaitan dengan pengelolaan dokumen perusahaan, mempercepat komunikasi, dan meningkatkan produktifitas proses bisnis sebuah organisasi/perusahaan. 

       b. Learning Management System

Merupakan platform manajemen pembelajaran berbasis digital, sehingga memungkinkan perusahaan mengembangkan materi pelatihan untuk karyawan dan mitra kerja. Karena berbasis online, platform ini dapat diakses dengan mudah, kapan saja, dan di mana saja. Fungsi Learning Management System adalah efisiensi biaya yg berkaitan dengan manajemen pembelajaran, untuk menjawab kebutuhan perusahaan yang ingin meningkatkan kualitas dan kemampuan karyawan maupun mitra kerja. Konten pembelajaran bervariasi mulai dari teks, grafik, hingga video yang menarik.

2. Infrastruktur IT/CLOUD

a. Public Cloud Compute Service

Public Cloud Compute Service atau lebih dikenal dengan public cloud server merupakan layanan sewa server (virtual server) yang menggabungkan teknologi server dan jaringan, berbasis internet. Fungsi Public Cloud Compute Service adalah untuk mengganti server fisik menjadi server virtual sehingga mempercepat timeline implementasi dan untuk memaksimalkan serta mengefektifkan budget infrastruktur, jika kapasitas server yang akan digunakan belum diketahui (belum dapat diprediksi).

3. Cyber Security

a. Next Gen SOC (Security Operations Center) as a Services

Next Gen SOC terdiri dari beberapa fitur keamanan untuk manajemen ancaman cyber ke dalam satu platform: SIEM (Security Information & Event Management), SOAR (Security Orchestration, Automation, & Response), Threat Intel, Threat Hunting, NTA (Network Traffic Analyzer), XDR (Extended Detection & Response), Malware Sandboxing, Machine Learning, dan dipantau oleh Teknisi L1+L2 Keamanan Cyber 24x7. Kombinasi teknologi canggih dan professional berketerampilan tinggi kami akan membantu organisasi Anda mengatasi insiden cyber secara prediktif.

Sumber : https://repository.ittelkom-pwt.ac.id/8235/2/BAB%20II.pdf


PEMBAHASAN

 

Pengertian Public Cloud :

    Public cloud adalah layanan cloud computing yang di sediakan oleh penyedia layanan cloud seperti amazon, Microsoft, Google.

Layanan ini tentunya oleh umum, siapa saja yang menggunakan internet. Public

cloud menawarkan fleksibilitas, skalabilitas, dan efisiensi biaya yang tinggi di bandingkan dengan infrastruktur on – premise, karena penyedia layanan cloud dapat mengelola kapasitas dan sumber daya yang di butuhkan oleh pelanggan secara efisien.

 Layanan ini dapat penyedia layanan cloud atau dapat dikelolah oleh pelanggan sendiri. Ada beberapa layanan public cloud yang gratis dan beberapa yang memerlukan pembayaran berdasarkan penggunaan atau paket yang di beli. Selain itu, public cloud juga menyediakan pilihan yang luas dari layanan dan teknologi yang dapat di gunakan oleh pelanggan, beberapa contoh layanan public cloud adalah “Amazon Web Services, Microsoft Azure, dan Google Cloud Platfrom”

 Public cloud di kenal juga sebagai Virtual Private Server(VPS), namun vps tidak sama dengan private cloud.

 

Keuntungan Dan kekurangan Public Cloud 

 

Keuntungan Public Cloud 

 

1.    Skalabilitas : public cloud memberikan  fleksibilitas kepada organisasi untuk meningkatkan atau mengurangi kapasitas IT mereka sesuai kebutuhan.

Ini memungkinkan perusahaan untuk mengadaptasi dengan cepat terhadap perubahan bisnis tanpa harus mengeluarkan dana besar untuk perangkat keras atau perangkat lunak baru.

2.    Terintegrasi : Public cloud sering terintergrasi dengan berbagai aplikasi dan layanan lainnya, seperti CRM, ERP, dan lainya, yang merupakan organisasi untuk meningkatkan efisiensi dan prodiktivitas.

3.    Menghemat Biaya : Public cloud juga memugkinkan perusahaan untuk mengurangi biaya perangkat keras, perawatan, dan operasi TI. Perusahaan hanya perlu membayar sesuai dengan penggunaan yang sebenarnya, selain itu public cloud juga menyediakan skalabilitas yang baik, sehingga perusahaan dapat menambah atau mengurangi kapasitas sesuai dengan kebutuhan mereka.

4.    Aksebilitas : public cloud dapat di akses dari mana aja dan kapan saja, asalkan terhubung dengan internet. Ini memungkinkan para pegawai untuk bekerja darimana saja tetap terhubung dengan data dan aplikasi yang mereka butuhkan

5.    Menghemat waktu manajemen server : Public Cloud memungkinkan anda untuk mengalokasikan sumber daya perusahaan untuk tugas – tugas yang lebih penting. Selain itu penyedia public cloud juga bertanggung jawab untuk mengelola infrastruktur dan menjaga perfoma server, sehingga perusahaan tidak perlu khawatir tentang masalah teknis seperti downtime atau pemeliharaan.

6.    Inovasi : penyedia public cloud sering menawarkan layanan terbaru dan tercanggih, seperti intelegen buatan ( AI ) dan analitik, yang dapat digunakan oleh organisasi tanpa harus mengeluarkan uang untuk teknologi yang mahal.

 

Kekurangan Public Cloud 

 

1.    Ketergantungan pada koneksi internet : public cloud sangat tergantung, maka pengguna akan kesulitan untuk mengakses data dan pelayanan yang tersimpan di cloud.

2.    Control yang lebih sedikit : saat menggunakan public cloud, perusahaan cenderung memeiliki kontrol yang lebih sedikit atas infrastruktur dan konfigurasi sistem di bandingkan dengan menggunakan private cloud atau infrastruktur lokal.

3.    Keamaanan dan kepatuhan : selain itu, kekurangan dari public cloud adalah maslaah keamanan dan kepatuhan. Karena public cloud digunakan oleh banyak pelanggan, maka resiko kebocoran data yang kecil tetapi lebih beresiko daripada yang dapat di toleransi oleh beberapa bisnis di bidang tertentu.

4.    Vendor lock-in : Salah satu kekurangan dari public cloud. Sebuah organisasi yang menggunakan cloud akan menghemat uang dan menjadi lebih fleksibel, tetapi juga pada akhirnya dapat bergantung pada layanan vendor cloud yang digunakan sehingga dapat menyulitkan jika ingin beralih ke vendor lain.

 

KESIMPULAN

 Dari penjelasan di atas terkait apa itu public cloud bisa kita simpulkan bahwa public cloud adalah salah satu jenis layanan cloud computing dimana layanan IT di kirimkan melalui media jaringan internet yang di bagikan secara public dan bisa di akses oleh siapapun dan dimanapun.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

https://herza.id/blog/apa-itu-publik-cloud-fungsi-keuntungan-dankekurangannya/  https://indonesiancloud.com/7-keunggulan-public-cloud/  

 


MATERI 2

 


 

 

Comments

Popular posts from this blog

10 HP REKOMENDASI DIBAWAH 2JT (APRIL 2020)

CARA MENGHAPUS CACHE DI LAPTOP/PC SECARA PERMANENT